@thesis{thesis, author={Rina Dwi Surachman 175500019}, title ={Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Kastolan}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1420/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan serta faktor penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan teori Kastolan. Teori Kastolan terdiri dari 3 jenis kesalahan, yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP Al ? Amin Surabaya yang berjumlah 11 siswa dan penelitian ini diambil 3 siswa dengan kriteria siswa yang melakukan kesalahan terbanyak pada tes tahap 1 dan tes tahap 2. Setiap satu soal diambil 1 subjek penelitian yang berbeda untuk kemudian dianalisis hasil tes tahap 1 dan 2 serta hasil wawancara. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan tes tertulis sebanyak 2 tahap dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk soal uraian dengan jumlah 3 butir soal, dan wawancara dilakukan dengan 3 siswa yang melakukan kesalahan terbanyak guna mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa. Keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa adanya kesalahan yang dilakukan oleh subjek penelitian. Kesalahan yang dilakukan subjek penelitian adalah kesalahan pada semua tahapan indikator Kastolan. Dimana subjek penelitian ASB (S3) dan subjek penelitian RAH (S10) mewakili vi siswa yang melakukan kesalahan pada 3 tahap kesalahan. Subjek penelitian BKI (S4) mewakili siswa yang melakukan kesalahan pada 1 tahap kesalahan. Faktor penyebab kesalahan subjek penelitian diantaranya yakni : (1) lupa dan terburu-buru dalam membuat persamaan linear dua variabel dan menuliskan informasi soal, (2) tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian SPLDV serta tidak menuliskan simpulan akhir (3) tidak teliti dalam proses perhitungan, (4) kurang memahami konsep penyelesaian dan penggunaan metode SPLDV dan (5) Kurang mempunyai penguasaan materi yang cukup. Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Soal Cerita Matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Teori Kastolan.} }