@thesis{thesis, author={Saputri Muslifatus Syaniah Fera}, title ={Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Himpunan Siswa Smp Negeri 21 Surabaya Tahun Ajaran 2018/2019}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1441/}, abstract={ABSTRAK Saputri, Muslifatus Syaniah Fera. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Himpunan Siswa Smp Negeri 21 Surabaya Tahun Ajaran 2018/2019. Kata Kunci:Discovery learning, hasil belajar, himpunan. Di SMP Negeri 21 guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang didominasi oleh guru sehingga siswa menjadi kurang aktif dan hasil belajar matematika siswa kurang. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi himpunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan setelah menerapkan model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pada materi himpunan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen true-eksperimental design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 21 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan menggunakan taraf signifikan 0,05. Dari hasil analisis data diperoleh 4,12 dan 2,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan penerapan model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pada materi himpunan siswa SMP Negeri 21 Surabaya tahun ajaran 2018/2019.} }