@thesis{thesis, author={Rahmawati Henny}, title ={PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS HIGHER ORDER THINGKING SKILL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA ANTARTIKA SIDOARJO}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1636/}, abstract={Rahmawati. Henny. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning berbasis Higher Order Thingking Skill Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Antartika Sidoarjo. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Drs.Atnuri, SH., M.Pd dan Dra.B. Budi Lestari, M.Si. Kata Kunci: Model PBL berbasis HOTS, Hasil Belajar. Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya pendidikan di abad 21 yang dimana pendidik diharuskan membuat pembelajaran yang menarik. Pemilihan model dan variasi pembelajaran perlu di perhatikan agar pembelajaran di kelas menjadi aktif dan kreatif. Permasalahan yang diteliti mengenai: 1) Bagaimanakah aktivitas pendidik pada saat penerapan model PBL berbasis HOTS terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA Antartika Sidoarjo. 2) Bagaimana aktivitas peserta didik pada saat mengikuti proses PBL berbasis HOTS terhadap hasil belajar peserta didik. 3) Adakah pengaruh model PBL berbasis HOTS terhadap hasil belajar. Jumlah 504 peserta didik dan sampel yang digunakan yaitu kelas X Mipa 3 dan X Mipa Ef 1 berjumlah 36 anak peserta didik. Diambil dengan teknik random sampling (sampel acak). Rancangan penelitian yang digunakanyaitu analisis deskriptif presentase, uji t-test, teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan Independent sample t-test (a=0,05). Hasil yang dihitung dengan menggunakan t-test sebesar dengan nilai signifikan. Nilai signifikan lebih kecil dari tingkat signifikan, oleh karena itu kesimpulannya model Problem Based Learning berbasis Higher Order Thingking Skill berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di SMA Antartika Sidoarjo} }