@thesis{thesis, author={ROSIDAH MEISY FADILAH}, title ={PENGARUH METODE DRILL (DRILL METHOD) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK BENDA SILINDRIS PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KRIAN SIDOARJO}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1638/}, abstract={Rosidah, Meisy Fadilah. 2019. Pengaruh Metode Drill (Drill Method) Terhadap Hasil Belajar Menggambar Bentuk Pada Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 2 Krian Sidoarjo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing I oleh Drs. Suparman, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Sepbianti Rangga Patriani, S.Pd., MSn. Kata kunci : Metode Drill, hasil belajar, menggambar bentuk. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi pengaruh metode drill terhadap hasil belajar siswa dalam menggambar bentuk. Metode drill diberikan kepada siswa dengan memberikan latihan-latihan terhadap apa yang telah dipelajari siswa sehingga siswa menjadi terampil dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan materi yang diajarkan dengan menggunakan metode drill, Penelitian ini membutuhkan waktu 3 minggu dengan 3 kali pertemuan. Pada teknik analisis data peneliti menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan UJi T berpasangan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang dipilih secara acak dengan Sampel 20 siswa dari 5 kelas. Desaign penelitian menggunakan one grup pre tes dan post tes. T test digunakan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode drill. Berdasarkan perhitungan t-test hasilnya menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara t hitung dan t tabel . pada perhitungan dengan bantuan SPSS 16.0 for windows diperoleh t hitung yaitu | -11,169 | sedangkan t tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2. 09302. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar manggambar bentuk. Oleh karena itu dengan diterapkannya model pembelajaran dengan metode drill. dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih tinggi, agar siswa lebih aktif untuk belajar.} }