@thesis{thesis, author={Iva Cornelia Octavia}, title ={PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR GURU SMA HANG TUAH 4 SURABAYA}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1646/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh sertifikasi guru terhadap keterampilan mengajar guru SMA HANG TUAH 4 Surabaya. Variabel Independen pada penelitian ini adalah Sertifikasi Guru, Variabel Dependen adalah Keterampilan Mengajar Guru. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah Pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian uji normalitas data yang berupa uiji Kolmogorov smirnov dan One-Sample Test. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas HANG TUAH 4 Surabaya. Populasi pada penelitian ini adalah 29 guru dan 468 peserta didik secara keseluruhan yang ada di SMA HANG TUAH 4 Surabaya. Pengambilan sampel guru bersertifikat yang berjumlah 2 guru dilakukan dengan metode wawancara dan penyebaran angket kepada peserta didik yang berjumlah 68 responden dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: sertifikasi guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terahadap keterampilan mengajar guru yang baik dan keterampilan mengajar guru dalam proses pembelajaran di kelas yang baik (t statistic= 0,204, nilai p= 0,000). Dengan demikian, Pelaksanaan sertifikasi memberikan pengaruh besar terhadap kompetensi guru, keterampilan mengajar guru, terutama dalam pembuatan RPP, persiapan media pembelajaran. Hal tersebut membawa dampak yang signifikan terhadap guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar disekolah. Kata Kunci: Sertifikasi Guru, Keterampilan Mengajar Guru} }