@thesis{thesis, author={Suryanto Adi}, title ={PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SQ4R DAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAMAN DITINJAU DARI KREATIVITAS}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1650/}, abstract={Suryanto, Adi. 2020. Pengaruh Penggunaan Model SQ4R dan PBL Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas VIII SMP Negeri 1 Taman Ditinjau dari Kreativitas. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Drs. A. Qomaru Zaman, M.Pd dan Suhartono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: SQ4R, PBL, Hasil Belajar, Kreativitas Penelitian ini membahas penggunaan model pembelajaran yang ditinjau dari segi kreativitas siswa yang kurang dipahami oleh sebagian guru dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model SQ4R dan PBL terhadap hasil belajar PKn kelas VIII SMP Negeri 1 Taman ditinjau dari kreativitas. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan rancangan non-equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelompok eksperimen yang berjumlah 66 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling. Pengambilan data menggunakan tes dan angket serta teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu Analysis of Variance Two Way dengan tingkat signifikan (?) 0,05. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini adalah (1) Adanya pengaruh penggunaan model SQ4R dan PBL terhadap hasil belajar, ditunjukkan dengan p-value 0,005 < 0,05 (2) Ada pengaruh yang signifikan kreativitas terhadap hasil belajar dengan hasil pvalue 0,037 < 0,05 (3) Interaksi antara model dengan kreativitas terhadap hasil belajar dengan p-value sebesar 0,667 > 0,05 sehingga tidak ada pengaruh yang signifikan antara model dengan kreativitas terhadap hasil belajar.} }