@thesis{thesis, author={ARISTA MAYA}, title ={Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Materi HAM Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surabaya}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1656/}, abstract={Arista, Maya. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Materi HAM Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Drs. A. Qomaru Zaman, M.Pd. Kata Kunci: Model pembelajaran, PBL, hasil belajar dan PPKn Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya permasalahan yang terjadi di bidang pendidikan. Berdasarkan observasi dapat diketahui Pembelajaran PPKn ditingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) disajikan lebih luas yang banyak membuat siswa berpikir bahwa PPKn sangatlah membosankan untuk dipelajari dan ketika proses mengajar guru hanya ceramah, tidak ada variasi sama sekali pada saat proses belajar mengajar. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan inovasi pembelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). PBL merupakan salah satu jenis model pembelajaran yang sesuai tujuan kurikulum 2013. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning diharapkan akan menjadi solusi dan dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa akan lebih aktif dan lebih kreatif dalam berpikir sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Mata Pelajaran HAM Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surabaya sejumlah 480 Siswa dan sampel yang digunakan yaitu satu kelas, yaitu kelas VIII-G dan berjumlah 40 Siswa diambil menggunakan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan Independen Sample T-Test (a=5%) 0,05. Hasil yang dihitung menggunakan t-hitung sebesar dengan nilai signifikan. Nilai signifikan lebih kecil dari tingkat signifikan, oleh karena itu , dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Surabaya tahun 2018-2019} }