@thesis{thesis, author={KADEGE MARIANA}, title ={PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA GURU DALAM PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP HANG TUAH I SURABAYA}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1657/}, abstract={Kadege, Mariana. 2018. Pengaruh Keterampilan Bertanya guru dalam pembelajaran PPKn Terhadap kedisiplinan belajar Siswa Kelas VIII Smp Hang Tuah I Surabaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing I: Drs. H. Atnuri. SH., M.Pd dan Pembimbing II: Dra Bernadetta Budi Lestari. M. Si. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa proses pembelajaran cenderung berpusat pada pendidik (teacher centred). Sekarang ini masih banyak pendidik yang berpandangan bahwa proses pembelajaran atau suatu kegiatan mentransfer ilmu oleh pendidik kepada siswa Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan Keterampilan Bertanya guru Dalam mengembangkan kedisiplinan belajar Siswa Kelas VIII Smp Hang Tuah I Surabaya. Adakah pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII SMP Hang Tuah I Surabaya dan apakah guru tersebut menerapkan keterampilan bertanya. Tujuannya adalah Untuk mengetahui penerapan dan pengaruh Keterampilan Bertanya guru Dalam mengembangkan kedisiplinan belajar Siswa Kelas VIII Smp Hang Tuah I Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan Instrumen berupa lembar observasi lembar dan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitiannya ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan analisis uji normalitas, kelas eksperimen memperoleh analisis sig. 0,244 > 0,05 yang artinya pengaruh keterampilan bertanya guru berdistribusi normal sedangkan kelas kontrol memperoleh sig. 0,000 > 00,5 yang artinya kedisiplinan belajar siswa berdistribusi tidak normal. Dalam uji homogenitas kedua kelas tersebut memperoleh nilai 0,230 > 0,05 yang artinya kedua kelas tersebut homogen. Sedangkan hasil nilai uji-t menunjukan bahwa nilai t hitung adalah 2552 dan t tabel adalah 2552 sehingga t hitung < t tabel sehingga diperoleh nilai sig 0,13 dan nilai sig < 0,05 yang menyatakan Ho diterima yang artinya ada pengaruh Keterampilan Bertanya guru Dalam mengembangkan kedisiplinan belajar Siswa Kelas VIII Smp Hang Tuah I Surabaya. Kata Kunci: Keterampilan bertanya guru dan kedisiplinan belajar siswa} }