@thesis{thesis, author={AGUNG ADRIANUS}, title ={Pengaruh Metode Curah Pendapat pada Pembelajaran PPKn Terhadap Sikap Demokratis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Krian}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1659/}, abstract={Agung, Adrianus. 2015. Pengaruh Metode Curah Pendapat pada Pembelajaran PPKn Terhadap Sikap Demokratis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Krian. Skripsi. Program Studi Guruan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Guruan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing I: Drs. H. Atnuri. SH., M.Pd dan Pembimbing II: Dra Bernadeta Budilestari. M. Si. Kata Kunci: Metode Curah Pendapat, Sikap Demokratis Penelitian ini dilatarbelakangai oleh kenyataan bahwa proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru (teacher centred). Sekarang ini masih banyak guru yang berpandangan bahwa guru menganggap dalam proses pembelajaran itu adalah kegiatan mentransfer ilmu dari guru ke peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode curah pendapat pada pembelajaran PPKn terhadap sikap demokratis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Krian?. Tujuannya adalah Untuk mengetahui penerapan metode curah pendapat pada pembelajaran PPKn terhadap sikap demokratis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Krian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah persentase, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan analisis uji normalitas, kelas eksperimen memperoleh analisis sig. 0,150>0,05 yang artinya berdistribusi normal sedangkan kontrol memperoleh sig. 0,200>0,5 yang artinya normalitas normal. Dalam uji homogenitas kedua kelas tersebut memperoleh nilai 0,0768>0,05 yang artinya kedua kelas tersebut homogen. Sedangkan hasil nilai uji-t menunjukan bahwa nilai thitung 0,2786 dan table 0,2786 sehingga thitung< tabel maka diperoleh nilai sig 0,768 dimana nilai sig.<0,05 yang menyatakan Ho ditolak yang artinya Ada Pengaruh Metode Curah Pendapat Pada Pembelajaran Ppkn Terhadap Sikap Demokratis Siawa Kelas VIII SMP Negeri 2 Krian.} }