@thesis{thesis, author={Hidayat Syarif}, title ={PENGARUH PERMAINAN HITAM HIJAU PINTAR BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN GAYUNGAN II SURABAYA}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1666/}, abstract={Kata Kunci: Pendekatan kontekstual, Permainan hitam hijau pintar, Hasil belajar. Telah dilaksanakan penelitian ini berdasarkan pada masalah yaitu masih banyaknya peserta didik yang kesulitan dalam pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji aktivitas pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran serta mengkaji pengaruh pendekatan kontekstual berbasis permainan hitam hijau pintar terhadap hasil belajar. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan rancangan quasi eksperimental posttest only control design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil uji validasi perangkat: lembar validasi RPP memperoleh skor 3.7, lembar validasi observasi aktivitas pendidik memperoleh skor 3.80, lembar validasi observasi aktivitas peserta didik memperoleh skor 3.74, lembar tes hasil belajar memperoleh skor 3.9 yang dinyatakan layak dan digunakan untuk pengambilan data dalam penelitian. Setelah penelitian, dilakukan uji homogenitas diperoleh nilai Sig. 0,604, berarti data bersifat homogen. Uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh nilai Sig. 0,144 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai Sig. 0,180. Maka dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan pendekatan terlaksana dengan baik. Dan uji t-test diperoleh nilai Sig. 0,04 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan kontekstual berbasis permainan hitam hijau pintar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN Gayungan II Surabaya.} }