@thesis{thesis, author={Putri Friska Alfianita Efendi}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SKALA KELAS V SD HANG TUAH 10 JUANDA}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1668/}, abstract={Kata Kunci: model pembelajaran, model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, kemampuan berpikir kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kemampuan berpikir kritis siswa pada saat pembelajaran yang masih rendah. Hal ini terjadi dikarenakan dalam melakukan kegiatan pembelajaran guru kurang memperhatikan model pembelajaran yang mengarah pada kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu guru dituntut untuk mampu menggunakan dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai. Salah satu,,model pembelajaran yang diusulkan penulis untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi skala kelas V SD Hang Tuah 10 Juanda dan (2) aktivitas siswa kelas V SD Hang Tuah 10 Juanda dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan observasi aktivitas siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t dengan berbantu program SPSS 16.0. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siwa pada materi skala kelas V SD Hang vi Tuah 10 Juanda. Hal ini dikarenakan nilai rata-rata tes pada kelas eksperimen tidak sama dengan nilai rata-rata tes pada kelas kontrol. Sedangkan aktivitas siswa mendapatkan skor 3 yang masuk dalam kategori baik.} }