@thesis{thesis, author={FITRIYA }, title ={Implementasi Nilai Musyawarah Pada Pancasila Melalui Metode Diskusi Kelas Dalam Pembelajaran PPKn Kelas IX Di SMP Negeri 3 Krian.}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1671/}, abstract={Fitriya.2019. Implementasi Nilai Musyawarah Pada Pancasila Melalui Metode Diskusi Kelas Dalam Pembelajaran PPKn Kelas IX Di SMP Negeri 3 Krian. Program Studi Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing: Dr. Suhari. S.H.,M.Si Kata Kunci :Pancasila, NilaiMusyawarah, MetodeDiskusiKelas Pancasila adalah pandangan hidup bangsa Indonesia terdiri dari limasila yang memiliki nilai saling berhubungan satusama lain. Nilai musyawarah adalah salahsatu nilai yang terdapat pada Pancasila sila keempat, sebagai pedoman pengambilan keputusan sesuai Pancasila. Metode Diskusi Kelas salahsatu metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk membiasakan siswa mengeluarkan pendapat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai-nilai musyawarah pada Pancasila yang dapat diimplementasikan dalam metode diskusi kelas, mengetahui cara pengimplementasian nilai-nilai tersebut, serta untuk mengetahui hambatan dari pengimplementasian nilai-nilai tersebut. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi (kegiatan diskusi kelas). Teknik analisis data yang digunakan data reduction, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi (teknik, sumber, dan waktu). Hasil penelitian ini nilai musyawarah yang dapat diimplementasikan yaitu mendahulukan kepentingan umum, tidak memaksakan kehendak, semangat kekeluargaan, berlandaskan rasa tanggungjawab, memperhatikan peraturan, dipertanggungjawabkan kepadaTuhan Yang Maha Esa. Langkah-langkah pengimplementasian, membagi tugas pelaksana, pemilihan sumber masalah, siswa menanggapi, tanggapan sumber masalah, menyimpulkan. Hambatan dalam pengimplementasian adalah siswa menonjol, siswa pasif, siswa memaksakan kehendak, siswa vi mementingkan kepentingan pribadi. Simpulan dan saran diberikan oleh peneliti agar penelitian ini bermanfaat khususnya bagi siswa agar lebih memahami materi, memahami nilai Pancasila.} }