@thesis{thesis, author={ADHARICA AULYA}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TIPE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN BELAHANTENGAH MOJOSARI}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1682/}, abstract={Kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle, Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh model inkuiri tipe pictorial riddle terhadap hasil belajar materi jenis ekonomi masyarakat pada siswa kelas V SDN Belahantengah Mojosari; (2) Aktivitas siswa dalam penerapan model inkuiri tipe pictorial riddle pada pembelajaran IPS materi jenis ekonomi masyarakat siswa kelas V SDN Belahantengah Mojosari. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian quasi eperimental design tipe posttest-only (nonequivalent posttest only design). Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas V SDN Belahantengan Mojosari, dengan teknik cluster sampling (area sampling) terpilih sampel siswa kelas V sebagai kelas kontrol dan sebagaiannya kelas V sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar sebagai data utama dan didukung lembar observasi siswa. Teknik analisis data menggunakan statistic inferensial nonparametric dengan berbantuan program SPSS versi 16.0, hasil yang diperoleh yaitu data hasil belajar siswa menunjukkan sig. (2-tailed) 0,000 ? 0,05 dengan demikian H0 ditolak, sehingga dapat dinyatakan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri tipe pictorial riddle terhadap hasil belajar muatan IPS materi jenis usaha ekonomi masyarakat pada siswa kelas V SDN Belahantengah Mojosari. Kemudian hasil pelaksanaan aktivitas peserta didik pada penerapan model pembelajaran inkuiri tipe pictorial riddle dikategorikan baik.} }