@thesis{thesis, author={Rahayu Suci}, title ={ANALISIS KESULITAN BELAJAR BERHITUNG PADA MATERI PECAHAN CAMPURAN KELAS V SDN KETABANG SURABAYA}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1695/}, abstract={Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Dengan dasar itulah matematika diharuskan untuk diajarkan pada saat siswa duduk dibangku sekolah dasar. Dalam upaya tujuan pembelajaran matematika terdapat banyak permasalahan yang muncul, sehingga tujuan pembelajaran matematika ini belum dapat tercapai secara maksimal. Permasalahan tersebut mengakibatkan siswa kesulitan belajar yang dapat berdampak rendahnya prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui kesulitan-kesulitan belajar berhitung siswa dalam materi pecahan campuran kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi,angket,wawancara, dan tes tulis. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Data dan sumber data penelitian ini ialah guru dan seluruh siswa kelas V B di SDN Ketabang Surabaya yang berjumlah 80 siswa. Sedangkan subjek penelitian yaitu 15 siswa. Materi yang dibahas pada penelitian ini yaitu pecahan campuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian mengalami kesulitan pada masing-masing butir soal dengan berbagai kesalahan yang meliputi tiga aspek, yakni sebanyak 7 siswa atau 45% siswa yang kurang memahami konsep, kesulitan berhitung pada keterampilan matematika berjumlah 8 siswa atau 55% siswa. Kata kunci: belajar, kesulitan belajar, pecahan campuran} }