@thesis{thesis, author={Nurazizah Dini}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 4 SDN NGAGEL REJO 1 SURABAYA}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1715/}, abstract={Kata kunci: Pembelajaran Inkuiri, kemampuan berpikir kritis. Berpikir kritis adalah suatu proses mental yang terarah dan jelas dalam upaya memecahkan masalah, mengambil keputusan dengan mengajukan dugaan-dugaan serta mengambil kesimpulan yang idealnya mulai ditumbuhkan pada jenjang sekolah dasar. Kenyataannya kebanyakan siswa SD yang memperoleh pembelajaran model ekspositori masih belum mampu berpikir kritis dalam memecahkan permasalahan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 SDN Negagel Rejo I Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan True Experimental Design dengan model Posttest Only Contol Design. Subyek penelitian siswa kelas 4 yang berjumlah 68 orang terdiri dari kelas 4A dengan jumlah siswa 33 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas 4D dengan jumlah siswa 35 orang sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengukuran data menggunakan tes berpikir kritis berupa soal-soal materi tumbuhan. Analisis data menggunakan uji-t Independent samples test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran inkuiriterhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas 4 SDN Ngagel Rejo I Surabaya. Simpulan dan saran dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri akan mendorong siswa untuk lebih aktif melakukan pengamatan, mengeksplorasi, berhipotsis dan mengambil kesimpulan. Langkah-langkah tersebut merupakan ciri dari kemampuan berpikir kritis.} }