@thesis{thesis, author={HABIBAH SITI AISYATUN NUR}, title ={PENGARUH MODEL PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS HOTS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KEBONDALEM MOJOSARI TAHUN AJARAN 2019-2020}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1720/}, abstract={Kata Kunci :Model Pendidikan Matematika realistik (PMR)berbasis HOTS, Matematika, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dalam pembelajaran Matematika siswa SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian ini Pre- Eperimental dengan rancangan one grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kebondalem tahun ajaran 2019/2020. Kemudian diangkat sampel dengan teknik sampling jenuh sehingga seluruh populasi terpilih sebagai sampel penelitian yang dijadikan sebagai kelas eksperimen atau yang diberi perlakuan dengan pendekatan PMR yaitu kelas V sebanyak 32 orang. Materi yang diangkat dalam penelitian ini yaitu Debit. Debit adalah suatu kecepatan aliran zat cair per satuan waktu. Pengumpulan data penelitian mengunakan instrumen yang meliputi tes, lembar observasi. Data yang dikumpulkan terdiri dari data aktivitas guru dalam pembelajaran, data aktivitas siswa dalam pembelajaran dan data hasil tes siswa. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan PMR memberikan simpulan penelitian bahwa: (1) Ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal, yaitu diperoleh ketuntasan vi klasikal siswa kelas eksperipen diatas 85 yaitu 87,5. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah efektif, yaitu semua aktivitas yang diobservasi dalam kegiatan pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan. (3) Aktivitas ssiwa terhadap pembelajaran adalah positif, yaitu respon siswa terhadap semua aspek perangkat berada di atas 80 yaitu sebesar 90. Dengan demikian terdapat pengaruh dalam pembelajaran menggunakan model PMR.} }