@thesis{thesis, author={Saraswati Kusuma Dewi}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBASIS LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD HANG TUAH 10 JUANDA}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1724/}, abstract={Kata Kunci: Model Cooperative Script, Literasi, hasil belajar Penelitian model cooperative script berbasis literasi dilaksanakan di SD Hang Tuah 10 Juanda berdasarkan masalah rendahnya kemampuan peserta didik dalam menemukan dan mengutarakan ide pokok secara lisan dari bacaan panjang. Tujuan penelitian mengkaji keterlaksanaan dan pengaruh model cooperative script. Jenis penelitian kuantitatif dengan populasi peserta didik kelas V SD Hang Tuah 10 Juanda dan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas VA dan VC. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pretest posttest. Hasil uji validasi perangkat dan instrumen mendapatkan nilai sebagai berikut: lembar validasi RPP 3,25; lembar validasi Observasi pendidik 3,44; lembar validasi Observasi peserta didik 3,6; dan tes hasil belajar 3,42, sehingga dinyatakan sangat baik dan layak digunakan. Nilai rata-rata tes hasil belajar kelas eksperimen sebesar 85 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu sebesar 75,5. Perhitungan menggunakan software SPSS 22 dengan uji prasyarat hasil uji normalitas kelas eksperimen sig 0,165>0,05; kelas kontrol sig 0,247>0,05 sehingga data dikatakan data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas sig 0,597>0,05 dapat dinyatakan data yang disajikan bersifat homogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan model cooperative script dapat terlaksana dengan baik. (2) uji t-test diperoleh nilai sig 0,003<0,05 yang berarti H0 ditolak, maka dapat disimpulkan ?terdapat pengaruh? model cooperative script berbasis literasi.} }