@thesis{thesis, author={Syamsiyono Novi Amaliyah}, title ={PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS 5 SDN NGAGEL REJO I SURABAYA TAHUN AJARAN 2019/2020}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1730/}, abstract={Kata Kunci: Think Talk Write, berpikir kritis, hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih banyaknya siswa yang kesulitan untuk mengingat materi yang sudah diajarkan karena model pembelajaran yang kurang cocok untuk siswa, karenanya guru harus mengembangkan model pembelajaran yang lebih mengaktifkan siswa untuk mencatat dengan menerapkan model pembelajaran TTW berbasis berpikir kritis sehingga hasil belajar yang akan diperoleh lebih maksimal. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi yang digunakan yaitu kelas 5 SDN Ngagel Rejo I Surabaya yaitu kelas 5A, 5B, 5C, dan 5D. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kelas yang diambil adalah kelas 5B sebanyak 39 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus statistik deskriptif (kuantitatif deskriptif) dan ketuntasan belajar secara individu dan ketuntasan belajar secara klasikal. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diketahui bahwa aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran model TTW berbasis berpikir kritis berkategori sangat baik. Skor aktivitas guru sebesar 90 skor aktivitas siswa sebesar 90 dan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 92%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran TTW berbasis berpikir kritis sangat baik dan dapat memberikan ketuntasan hasil belajar siswa kelas 5B SDN Ngagel Rejo I Surabaya.} }