@thesis{thesis, author={SURYANI SETIA IRMA}, title ={ANALISIS KEPUASAN TAMU HOTEL X TERHADAP JASA LAYANAN HOTEL BERBINTANG DI SIDOARJO MENGGUNAKAN SEM-PLS}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1737/}, abstract={Hotel merupakan salah satu sarana akomodasi yang digunakan oleh setiap orang, baik bagi para pelaku bisnis maupun wisatawan. Kualitas pelayanan yang baik akan mempengaruhi tingkat hunian kamar hotel, kerena pendapatan terbesar hotel adalah dari penyewaan kamar. Persaingan yang sangat ketat yang dialami indonesia pada saat ini, untuk memperebutkan konsumen dan mempertahankan konsumen dan untuk menjaga konsumen agar merasa puas, hotel harus memperhatikan atribut ? atribut yang dinilai sangat penting oleh konsumen. Selain memperhatikan atribut ? atribut yang sudah terpenuhi, perusahaan juga perlu mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan produk dan jasa yang diberikan. Kualitas layanan merupakan faktor yang diduga mempengaruhi kepuasan konsumen dan bentuk kepuasan konsumen salah satunya yaitu minta kunjungan ulang. Salah satu wujud layanan yang diberikan oleh hotel adalah pelayanan terhadap konsumen. Penelitian dilakukan pada konsumen hotel X dengan menggunakan metode SEM-PLS untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas layanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty) terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 96 responden di hotel X. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari kelima variabel kualitas layanan yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen adalah 4 variabel yaitu tangibles sebesar 0,225, reliabilitas sebesar 0,112, responsiveness sebesar 0,288, dan assurance sebesar 0,237 dan sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model. Loyalitas dipengaruhi oleh variabel tangibles sebesar 0,112, responsiveness sebesar 0,305 dan kepuasan konsumen 0,334 sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : Kualitas Layanan, Kepuasan, Loyalitas, SEM-PLS} }