@thesis{thesis, author={Putri Rizkika Madya}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGINTEGRASIKAN KONSEP HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KEBOAN ANOM}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1760/}, abstract={Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem based Learning, HOTS, Hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan kurikulum 2013 menuntut siswa untuk belajar akftif kreatif dan menyenangkan yang bertujuan untuk membentuk generasi siswa abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model Problem Based Learning dengan mengintegrasikan HOTS pada aktivitas siswa serta mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan mengintegrasikan HOTS terhadap hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent posttest-only control design. Sampel penelitian ini adalah kelas V A (Kelas Eksperimen) dan V B (Kelas Kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar. Data yang telah diperolah kemudian di analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test dengan berbantuan SPSS 16.0 menggunakan independent sample t-test pada taraf signifikansi 5% (? = 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahawa uji homogentias signifikansinya >0,05 dan uji normalitas >0,05 serta uji t-test tingkat signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0.009, sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan mengintegrasikan konsep HOTS terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Keboan Anom.} }