@thesis{thesis, author={AUWE JEKY}, title ={KINERJA ARUS LALU LINTAS RUAS JALAN RUNGKUT INDUSTRI RAYA}, year={2022}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1770/}, abstract={(Jeky Auwe), 2021, Kinerja Arus Lalu Lintas Ruas Jalan Rungkut Industri Raya, Tugas Akhir, Program Studi: Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Dosen Pembimbing: Linda Dwi Rohmadiani, ST., MT. Ruas Jalan Rungkut Industri Raya berada di Kawasan Surabaya Industri Estate Rungkut (SIER) merupakan jalan kolektor primer dengan tipe jalan 4/2 UD sepanjang ± 1,4 Km dan lebar jalan ± 6 meter. Penelitian terdahulu menyebutkan bahwa jalan tersebut termasuk jalan padat lalu lintas karena aktifitas industri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi kinerja dan pengaruh hambatan samping terhadap kinerja arus lalu lintas pada ruas Jalan Rungkut Industri Raya. Metode analisis menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) Tahun 2014. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa geometri Jalan Rungkut Industri Raya memiliki rumija sebesar 7 ? 8 meter, rumaja sebesar 14 ? 16 meter dan ruwasja sebesar 28- 35 meter, volume lalu lintas tertinggi adalah 7874 smp/jam dengan nilai kecepatan kendaraan ringan sebesar 51,15 km/jam, serta nilai derajat kejenuhan sebesar 0,58 untuk jalur barat ke timur, dan 0,73 untuk jalur timur ke barat. Pengalihan faktor hambatan samping kendaraan keluar atau masuk maka terjadi peningkatan kapasitas jalan yang berkisar 365 smp/jam, peningkatan kecepatan arus kendaraan ringan sebesar 5,5 km/jam, penurunan derajat kejenuhan berkisar 0,17-0,29 di arah barat ke timur, dan 0,05-0,49 di arah timur ke barat, serta tingkat pelayanan jalan yang semula C akan berkurang menjadi B jika tanpa adanya hambatan samping. Kata Kunci: Hambatan Samping, Kinerja Jalan, Tingkat Pelayanan} }