@thesis{thesis, author={Handayani Wiwin Nur}, title ={PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS HOTS PADA SISWA KELAS 4 SDN GAYUNGAN II SURABAYA TAHUN AJARAN 2019-2020}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1777/}, abstract={Kata Kunci: Model Think Pair Share (TPS), HOTS Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa masih adanya siswa yang malu dalam menyampaikan pendapat dan tidak dapat mengidentifikasi faktor-faktor masalah dalam materi pembelajaran, sehingga pembelajaran relatif monoton serta minimnya proses berpikir secara analitis. Sebagai suatu kegiatan yang sadar akan tujuan pembelajaran, maka melalui penerapan model pembelajaran TPS berbasis HOTS diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran diri dan melatih kemampuan siswa mengenai berpikir tingkat tinggi dan menumbuhkan pemikiran yang kritis, cermat dan analitis. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi yang digunakan adalah kelas 4 SDN Gayungan II Surabaya yaitu kelas 4A dan 4B. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil adalah kelas 4A. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif persentase (kuantitatif deskriptif). Berdasarkan hasil analisa data penelitian, diketahui bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, dan ketuntasan hasil belajar dalam penerapan model TPS berbasis HOTS berkategori sangat baik. Skor aktivitas guru sebesar 94, skor aktivitas siswa sebesar 92 dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 87%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model TPS berbasis HOTS sangat baik dan dapat memberikan ketuntasan hasil belajar siswa kelas 4A SDN Gayungan II Surabaya.} }