@thesis{thesis, author={DININGRUM PRADITA WIDI WAHYU}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PEREDARAN DARAH SISWA KELAS V SDN II SEDATI GEDE SIDOARJO}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1782/}, abstract={Kata kunci: teams games tournament, hasil belajar Penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif merupakan awal permasalahan dalam kurangnya pemahaman peserta didik pada materi yang diajarkan guru, khususnya materi IPA. Cakupan materi IPA yang sangat luas menuntut guru untuk menerapkan model pembelajaran yang sesuai agar siswa dapat memperoleh hasil belajar secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar IPA materi peredaran darah siswa kelas V SDN Sedatigede II Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design rancangan Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sedatigede II Sidoarjo. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas V-A sebagai kelas kontrol dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA pada ranah kognitif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji?t dengan taraf signifikan 5% (? = 0,05). Hasil perhitungan analisis data menggunakan uji?t menunjukkan nilai thitung = 4,58 ? ttabel = 2,00172 dengan demikian H0 ditolak, sehingga menjelaskan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar IPA materi peredaran darah siswa kelas V SDN Sedatigede II Sidoarjo.} }