@thesis{thesis, author={KUMALA ERIKA}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI SATUAN BERAT KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SEDATI GEDE II SIDOARJO}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1785/}, abstract={Kata Kunci: Model problem based learning, kemampuan memecahkan masalah. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah soal cerita matematika materi satuan berat kelas III Sekolah Dasar Negeri Sedatigede II Sidoarjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design dengan post test only. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN Sedatigede II Sidoarjo yang berjumlah 110 peserta didik dengan sampel yang terdiri dari 36 peserta didik kelas III C sebagai kelas eksperimen dan 36 peserta didik kelas III B sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu model pembelajaran Problem Based Learning sebagai variabel bebas dan kemampuan memecahkan masalah soal cerita matematika materi satuan berat sebagai variabel terikat. Data dikumpulkan melalui tes tulis yang terdiri atas 5 soal untuk tingkat kognitif C3 dan C4. Uji statistik yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Soal Cerita Matematika Materi Satuan Berat Kelas III Sekolah Dasar Negeri Sedatigede II Sidoarjo.} }