@thesis{thesis, author={Bianca Inggrit Novel}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN BERKOLABORASI SISWA KELAS III SD HANG TUAH 10 JUANDA}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1795/}, abstract={Kata Kunci: Model Scramble, KemampuanBerkolaborasi Penelitian ini didasarkan kenyataan di lapangan bahawasannya siswa dalam proses belajar di kelas membutuhkan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble yang mampu menarik perhatian siswa, antusiasnya mereka. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble siswa akan memahami pembelajaran di kelas dengan model pembelajaran yang berbeda. Tujuan penelitian ini mengetahui (1) Ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Kemampuan Berkolaborasi Siswa Kelas III SD Hang Tuah 10 Juanda; (2) Aktivitas siswa dalam penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Pembelajaran Bhasa Indonesia Siswa kelas III SD Hang Tuah 10 Juanda. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan desain Nonequivalent Posttest-Only Control Design.Populasi dalam penelitian ini yaitu semua kelas III Sd Hang Tuah 10 Juanda. Teknik yang digunakan purposive sampling sehingga sampel penelitian yaitu kelas III B sejumlah 24 siswa dan kelas III C sejumlah 4 siswa. Teknik pengumpulan data angket dan Observasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap kemampuan Berkolaborasi Siswa Kelas III SD Hang Tuah 10 Juanda. (2) Aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Scramnle Terhadap Kemampuan Berkolaborasi Siswa SD Hang Tuah 10 Juanda dapt dikategorikan ?baik?.} }