@thesis{thesis, author={VAMANDA VILGA RETYA GUGUH}, title ={PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH SOAL CERITA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SDN WONOKUSUMO}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1797/}, abstract={Kata Kunci: Model Problem-Based Learning, keterampilan pemecahan masalah. Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) berdasarkan temuan hasil belajar peserta didik tentang hak dan kewajiban, masih banyak yang rendah karena kurang kreatif dalam pemecahan masalah. Tujuannya penelitian ini setelah pembelajaran apakah ada pengaruh model CPS terhadap hasil belajar peserta didik pada materi hak dan kewajiban kelas III. Jenis penelitian ini kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment dengan Desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling. Populasi yang digunakan adalah kelas III-A dan III-B SDN Kebondalem-Mojosari sebanyak 50 peserta didik. Hasil validasi RPP 72%, lembar observasi pendidik 82% dan peserta didik 86%, validasi pretest 78% posttest 85%. Hasil observasi aktivitas pendidik 85%, aktivitas peserta didik kelas eksperimen 78% dan kelas kontrol 60,48% keseluruhan hasil dinyatakan baik dan dapat diuji. Dengan menggunakan SPSS 22.0, hasil uji normalitas bahwa, data Pretest kelas eksperimen sig.0,200>0.05 dan kelas kontrol sig.0,067>0.05 maka berdistribusi normal. data Posttest kelas eksperimen sig.0,168>0.05 dan kelas kontrol sig.0,200>0.05 maka berdistribusi normal. Hasil uji homogen data Pretest sig.0,565>0.05, sedangkan hasil uji homogen data Posttest sig.0,263>0.05 maka kedua sampel penelitian dikatakan homogen. Berdasarkan uji hipotesis (t-test) nilai signifikasi a=0,05 (0,000 < 0.05) yang berarti Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh sig 0,000 pada posttest. Sehingga di simpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada hasil belajar Peserta Didik Kelas III pada materi Hak dan Kewajiban.} }