@thesis{thesis, author={CHIKMIA CAMALIA ZUKHRUFIL}, title ={PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SDN SEDATI GEDE 02}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1799/}, abstract={Kata Kunci : Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan pembelajran yang hanya berpusat pada guru. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan menerapkan model Discovery Learning pada pembelajaran Tematik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan kuantitatif deskriptif, yang memuat gambaran mengenai pelaksanaan, kendala dan upaya penyelesaian dalam menerapkan model Discovery Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan Tes (Pre-Test dan Post-Test). Data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Dan yang dijadikan sumber data adalah seluruh siswa kelas IV-A SDN Sedati Gede 02 yang berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil belajar siswa mencapai 81% dengan kategori sangat baik. Hal itu didukung oleh aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dua faktor pendukung tersebut dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru dan siswa dengan masing-masing berkategori sagat baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Discovery Learning pada pembelajaran Tematik mampu memberikan hasil belajar siswa yang sangat baik.} }