@thesis{thesis, author={Solikah Imroatus}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMPN 2 TAMAN}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1803/}, abstract={Solikah, Imroatus. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMPN 2 Taman. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Erlin Ladyawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: model pembelajaran berbasis masalah (PBL), kemampuan pemecahan masalah. ?Matematika merupakan salah satu ilmu dasar pendidikan yang bersifat umum dan harus dikuasai oleh siswa. Matematika merupakan bidang studi yang berguna dan membantu dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari yang memerlukan suatu keterampilan dan kemampuan untuk memecahkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah kelas 8 yang terdiri dari 12 kelas, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling sehingga diperoleh sampel yakni kelas VIII-C dan VIII-D yang terdiri dari 37 dan 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes awal dan tes akhir. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis uji t. Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data pada uji prasyarat ?hitung 2