@thesis{thesis, author={Istiana Marita Eka}, title ={EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA MATERI UANG KELAS II SD HANG TUAH 10 JUANDA}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1811/}, abstract={Kata kunci : Model RME, Kemampuan literasi matematika.. Hasil PISA menyatakan bahwa siswa Indonesia memiliki kemampuan literasi yang rendah (OECD. 2013a). Harapan peneliti dalam penelitian ini adalah agar siswa mampu menyelesaikan masalah sehari-hari dengan kemampuan literasi matematika. Kemampuan literasi matematika siswa tidak hanya dituntut memiliki kemampuan berhitung saja, namun siswa juga harus memiliki kemampuan bernalar secara kritis dan logis untuk menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) rata-rata kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen yang diajar melalui model RME lebih baik daripada kelas kontrol yang diajar melalui model TPS; (2) aktivitas siswa yang diajar dengan RME; dan (3) aktivitas guru siswa dengan dengan model RME. Jenis metode penelitian adalah penelitian kuantitatif tipe quasi eksperimental design tipe Posttest-Only. Populasinya adalah siswa kelas II SD Hang Tuah 10 Juanda. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan kelas II-D sebagai kelas eksperimen dan II-E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes soal cerita. Teknik analisis data tes menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen yang diajar melalui model RME lebih baik daripada kelas kontrol yang diajar melalui model TPS; (2) aktivitas siswa mendapat kategori sangat baik; dan (3) aktivitas guru menggunakan RME mendapat kategori sangat baik.} }