@thesis{thesis, author={Arum Dinda Kurnia}, title ={PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN KETABANG SURABAYA TAHUN AJARAN 2019-2020}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1812/}, abstract={Kata Kunci: Metode Problem Solving, Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Penelitian ini telah dilakukan dengan judul ?Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis?. Penelitian ini dengan tujuan mengkaji pelaksanaan metode problem solving dan mengkaji adanya pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan bentuk Quasi Eksperimental Nonequivalent Post-test Only Control Design. Teknik pengumpulan data observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan bantuan sofware SPSS.16 Hasil uji validasi RPP diperoleh 3,25 berkategori baik, lembar observasi pendidik diperoleh 90 berkategori sangat baik, lembar observasi peserta didik 93 yang artinya berkategori sangat baik, lembar tes berpikir kritis diperoleh 73 berkategori baik, lembar tes hasil belajar diperoleh 92 berkategori sangat baik. Hasil penelitian uji homogenitas 0,881>0,05 yang berarti data homogen, uji normalitas kelas kontrol 0,021 dan kelas eksperimen 0,159 yang berati data normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan metode problem solving berjalan dengan sangat baik. (2) Uji t-test diperoleh Sig 0,000<0,05 dengan demikian H0 ditolak. Simpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.} }