@thesis{thesis, author={Haris Fingky Yunita}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 3 TAMAN}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1817/}, abstract={Haris, Fingky Yunita, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 3 Taman. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Sunyoto Hadi P, S.T., M.Pd. (2) Eka Susilowati, S.Si., M.Sc. Kata Kunci : Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education dan Hasil Belajar Matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain PosttestOnly Control Design untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) di SMP Negeri 3 Taman Sidoarjo. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 3 Taman Sidoarjo?. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII tahun ajaran 2018/2019 SMP Negeri 3 Taman Sidoarjo. Peneliti mendapatkan kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik random sampling. Hasil penelitian ini diperoleh nilai hitung t = 5,15 dan nilai tabel t = 1,997730 dengan taraf signifikan 5%. Karena hitung t > tabel t berarti H1 diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 3 Taman sidoarjo.} }