@thesis{thesis, author={SANTI ERLISA NUR}, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS III SD HANG TUAH 10 JUANDA}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1830/}, abstract={Kata Kunci : Model pembelajaran Role Playing, Kepercayaan diri Pendidikan bertujuan mencerdaskan dan mengembangkan potensi pada peserta didik. Untuk itu perlunya adanya model pembelajaran dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Salah satu model yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran Role Playing. Model pembelajaran Role Playing dapat digunakan dalam memunculkan rasa percaya diri pada peserta didik, dengan begitu peserta didik dapat berekspresi menurut imajinasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran Role Playing dalam mengembangkan kepercayaan diri peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain statistik deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas III A-D. Pengambilan sampel dengan teknik probability sampling tipe simple random sampling dan ditentukan sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas III-B. Data yang diperoleh melalui dua pengumpulan data yaitu angket kepercayaan diri peserta didik dan observasi aktivitas peserta didik. Sehingga memperoleh hasil data yang termasuk dalam kriteria ?percaya diri sangat baik?. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Role Playing dalam mengembangkan kepercayaan diri peserta didik kelas III SD Hang Tuah 10 Juanda Sidoarjo tahun ajaran 2019/2020 dapat menumbuhkan rasa percaya diri dengan sangat baik pada peserta didik.} }