@thesis{thesis, author={IMANSARI GEBY CITRA}, title ={PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SDN SEDATIGEDE II SIDOARJO}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1838/}, abstract={Kata kunci: media gambar, menulis puisi. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya pemanfaatan media pembelajaran. Untuk mengoptimalkan, di ambil tindakan pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Media gambar dalam bidang pendidikan merupakan sesuatu yang diwujudkan ke dalam bentuk dua dimensi yang memberikan gambaran kepada siswa untuk menulis puisi. Peranan media sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan media yang menarik dan inovatif, yaitu media gambar yang merupakan alat bantu untuk mempermudah peserta didik dalam menulis, khususnya menulis puisi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penerapan, kemampuan siswa, dan respons siswa terhadap pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media gambar kelas IV SDN Sedatigede II Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan metode kualitatif. Data berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik, tes kemampuan menulis puisi, dan angket respons siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas IV C yang berjumlah 32 siswa, lokasi penelitian adalah di SDN Sedatigede II Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses penerapan media gambar dalam memaksimalkan pembelajaran menulis puisi, bagaimana kemampuan menulis puisi, bagaimana respons siswa terhadap pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media gambar kelas IV SDN Sedatigede II Sidoarjo. Simpulan dari penelitian ini adalah hasil observasi terhadap aktivitas guru dan aktivitas peserta didik selama proses penerapan media gambar dalam memaksimalkan pembelajaran menulis puisi berhasil dilakukan, hal ini terbukti karena siswa mampu menulis puisi dengan baik berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan siswa mampu merespon pembelajaran menulis puisi dengan baik.} }