@thesis{thesis, author={Sari Yunita}, title ={PENGARUH DESAIN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BERBANTU MEDIA KARTU PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PECAHAN KELAS V SDN KEBOAN ANOM GEDANGAN}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1841/}, abstract={Kata Kunci : desain pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS), media Kartu Pecahan, hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan desain pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbantu media Kartu Pecahan terhadap hasil belajar pada materi pecahan kelas V SDN Keboan Anom Gedangan dan untuk menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh desain pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbantu media Kartu Pecahan terhadap hasil belajar pada materi pecahan kelas V SDN Keboan Anom Gedangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Dengan rancangan penelitian Quasi Eksperimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design. Dalam rancangan desain penelitian ini, peneliti menggunakan Posttest-Only Control Group Design. Sampel penelitian peserta didik kelas V-B dan kelas V-D yang berjumlah kelas eksperimen 29 siswa dan kelas kontrol 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan presentase dan uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan desain pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbantu media Kartu Pecahan terhadap observasi aktivitas pendidik pada observer pertama sebesar 92%, observer kedua sebesar 94%, dan observer ketiga sebesar 95%. Pada observasi aktivitas peserta didik pada kelas eksperimen memperoleh hasil sangat baik 37,93%, baik 55,17%, dan cukup baik 6,89% sedangkan pada kelas kontrol memperoleh hasil baik 17,24% dan cukup baik 82,75%. Dan hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan desain pembelajaran Higher Order vi Thinking Skills (HOTS) berbantu media Kartu Pecahan terhadap hasil belajar pada materi pecahan kelas V SDN Keboan Anom Gedangan memperoleh nilai thitung 4,76 dan ttabel 2,8 dengan kriteria pengujian H0 ditolak jika thitung > ttabel hal ini menunjukkan bahwa penelitian berlangsung dengan sangat baik sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan desain pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbantu media Kartu Pecahan terhadap hasil belajar pada materi pecahan kelas V SDN Keboan Anom Gedangan.} }