@thesis{thesis, author={Khasanah Nur Roudhotul}, title ={PENGARUH CROSSWORD PUZZLE BERBASIS 4C TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN KEBON DALEM MOJOSARI TAHUN 2019-2020}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1850/}, abstract={Kata kunci: metode crossword puzzle, hasil belajar Pemilihan metode yang tepat pada saat proses pembelajaran sangat dibutuhkan oleh pendidik agar suasana belajar menyenangkan, tidak terlupakan dan aktif sehingga peserta didik dapat meraih prestasi secara optimal. Adapun rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode crossword puzzle berbasis 4C Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran1 terhadap hasil belajar peserta didik kelas V serta bagaimana keterlaksanaan metode crossword puzzle berbasis 4C. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakanya itu peserta didik kelas V SDN Kebondalem Mojosari yang terdridari 17 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi pendidik dan peserta didik, uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisa data penelitian diketahui bahwa metode crossword puzzle berbasis 4C mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan uji-t, diperoleh hasil thitung= 26,16, dan t tabel 2,048 yang berarti thitung > ttabel. . Maka dapat disimpulkan dari penelitian ini, bahwa aktivitas pendidik dan peserta didik dalam penerapan metode crossword puzzle berbasis 4C dikategorikan ?sangat baik?.} }