@thesis{thesis, author={Laili Novi Nur}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IVSDN KEBOAN ANOM}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1853/}, abstract={Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis. Kemampuan berpikir kritis siswa perlu dikembangkan sejak dini, khususnya pada jenjang sekolah dasar. Namun pada kenyataan di lapangan, kemampuan berpikir kritis siswa masih sangat rendah. Dalam hal itu, maka guru harus menerapkan model pembelajaran yang tepat. Problem based learning merupakan model pembelajaran yang menyajikan berbagai permasalahan untuk meningkatkan kemampuan siswa agar mampu menyelidiki dan mengatasi sebuah masalah baik dalam pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari. Dengan diterapkannya model pembelajaran problem based learning diharapkan dapat membuat siswa memiliki kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Keboan Anom. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan bentuk posttest only control design. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes. Adapun teknik analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan, dan uji t dengan bantuan program SPSS 16.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Keboan Anom.} }