@thesis{thesis, author={GALISTYA KRISNA DEWI VANISYAHAQ}, title ={PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KARTU DOMINO TERHADAP NUMERASI SISWA KELAS III SDN GAYUNGAN II/423 SURABAYA}, year={2023}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6607/}, abstract={Numerasi sangat penting untuk dikuasai siswa pada abad 21. Numerasi berarti menerapkan konsep numerik dan matematika.Fakta yang terjadi pada pembelajaran yang diterapkan masih kurang efektif di SDN Gayungan II/423 Surabaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Problem Based Learning berbantuan kartu domino terhadap numerasi siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini dengan nonequivalnt posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Gayungan II/423 Surabaya yang berjumlah 44 siswa. Melalui cluster random sampling terpilih sampel kelas III B sebagai kelas eksperimen dan kelas III A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui tes. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji statistika yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh Problem Based Learning berbantuan kartu domino terhadap numerasi siswa kelas III SDN Gayungan II/423 Surabaya.} }