@thesis{thesis, author={DITA NOVITASARI 171600193}, title ={PENGARUH KEBIJAKAN RELAKSASI IURAN DAN KUALITAS LAYANAN REALISASI KLAIM TERHADAP KEPATUHAN PEMBAYARAN IURAN PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN DI KANTOR CABANG GRESIK DRIYOREJO}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/799/}, abstract={Pada kondisi pandemi covid-19 ini membawa dampak yang sangat banyak tidak hanya pada aspek kesehatan, tetapi juga pada aspek ketenagakerjaan dan perekonomian. Dunia insdustri banyak terdampak sehingga dunia insdustri banyak yang menghentikan kegiatan produksinya sehingga terjadi pengurangan tenaga kerja dalam berproduksi dengan cara dirumahkan bahkan diputus hubugan kerjanya. Kondisi inilah yang membuat pemeritah mengambil tindakan khususnya dalam hal ketenagakerjaan dalam memenuhi kewajibanya pembayaran iuaran BPJS Ketenagakerjaan melalui kebijakan relaksasi atau kelunakan dalam membayar iuran. Kebijakan lain yaitu pada pelayanan klaim peserta BPJS Ketenagakerjaan jika terjadi resiko yang mengakibatkan realisasi klaim. Penelitian ini adalah menganalisis dengan kebijakan relaksasi pembayaran iuran dan pelayanan klaim dikaitkan pengaruhnya terhadap kepatuhan peserta dalam membayar iuran BPJS Ketenagakarjaan. Sebagai populasi/sampel penelitian adalah peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gresik Driyorejo, dengan menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data persepsi kebijakan relaksasi, kualitas pelayanan dan kepatuhan pembayaran iuran. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa: pertama, kebijakan telaksasi pembayaran iuan secara signifikan berpengaruh terhadap kepatuhan pembayara iuran, kedua, kualitas pelayanan klaim secara signifikan berpengaruh terhadap kesadaran pembayaran iuran, serta ketiga, kebijakan relaksasi iuran dan kualitas pelayanan klaim secara signifikan berpengaruh terhadap kesaran pembayaran iuran peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gresik Driyorejo. Kata kunci: relaksasi, pelayanan dan kepatuhan} }