@thesis{thesis, author={RIZKA NURUL AINI 161600063}, title ={PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, APLIKASI PERPAJAKAN, DAN PENGETAHUAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DI SIDOARJO}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/808/}, abstract={Masa pandemi merupakan masa yang cukup berat dirasakan, tak terkecuali pada sector perpajakan yang mengalami kontraksi akibat adanya tekanan kinerja perekonomian. Dikala pandemic adanya kebijakan pembatasan aktivitas diluar rumah atau WFH, namun hal ini tidak menjadi hambatan bagi aktivitas perpajakan. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) membuat dan menerapkan sebuah system perpajakan yang dapat digunakan Wajib Pajak untuk pelaporan pajak ketika dirumah. Demi kelancaran penggunaan aplikasi, DJP juga memberikan pelayanan yang mumpuni dan pengetahuan mengenai pengoperasian aplikasi sehingga lancer dalam pelaporan. Penelitian ini menggunakan populasi Wajib Pajak UMKM Sidoarjo dan sampel yang diolah berjumlah 158. Peneliti menggunakan WarpPLS dalam pengolahan data dengan menerapkan metode mulai dari uji validitas, reliabilitas, multikolinieritas dan uji hipotesis. Hasilnya menunjukkan bahwa ketiga variable X memiliki pengaruh terhadap variable Y, yang mana kualitas pelayanan, aplikasi perpajakan dan pengetahuan pajak berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Dimana Pelayanan yang berkualitas diberikan pihak KPP Sidoarjo berupa kelancaran dalam pelaporan, rasa aman dalam penggunaan aplikasi hingga kemudahan panduan dalam penggunaan aplikasi. Kata Kunci : Aplikasi Perpajakan Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Pajak} }