@thesis{thesis, author={Muttaqin Qiflainy Isna Yanuarizka}, title ={PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP KONSEP DIRI SISWA PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 BUDURAN SIDOARJO}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/813/}, abstract={Muttaqin, Qiflainy Isna Yanuarizka. 2019. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Terhadap Konsep Diri Siswa Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Aniek Wirastania, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: bimbingan kelompok, teknik diskusi, konsep diri. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap konsep diri siswa pada siswa kelas VII SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan metode penelitian pra-eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest design, diberikan kepada 7 orang siswa kelas VII B SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket skala pengukuran konsep diri. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukakan menggunakan uji wilxocon dengan bantuan SPSS Windows Versi 23, diperoleh bahwa Asyimp. Sig 0,018 lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap konsep diri siswa pada siswa kelas VII SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo.} }