@thesis{thesis, author={Mu’asyiroturezeqiana }, title ={PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUKTURING KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 SURABAYA}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/815/}, abstract={Mu?asyiroturezeqiana. 2019. Pengaruh Penggunaan Strategi Restrukturing Kognitif dalam Konseling Kelompok Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Surabaya. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Boy Soedarmadji, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Restrukturing Kognitif, Konseling Kelompok, Penyesuaian Diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hasil signifikansi pengaruh penggunaan strategi restrukturing kognitif dalam konseling kelompok terhadap penyesuaian diri siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan pra-eksperimental dengan rancangan one group pre-test post-test design, pada populasi sejumlah 33 siswa kelas VIII. Penelitian ini mengambil 5 orang siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Surabaya sebagai sampel penelitian yang diambil secara purposive sampling, dengan menggunakan metode data skala pengukuran, validitas, dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik uji Welcoxon pada SPSS For Windows 16.0. Teknik analisis data non parametrik ini digunakan karena sampel yang digunakan relatif kecil. Melalui hasil uji Wilcoxon dapat diketahui melalui Z (-2.060) dengan Asymp. Sig (2-tailed) yang bernilai 0,039 dimana 0,039 ? 0,05 (taraf signifikan) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho di tolak yang artinya adanya perbedaan antara pre-test dan post-test dengan strategi restrukturing kognitif dalam konseling kelompok terhadap penyesuaian diri siswa. Sehingga dapat mempengaruhi dengan signifikan ?penggunaan strategi restrukturing kognitif dalam konseling kelompok terhadap penyesuaian diri siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Surabaya.?} }