@thesis{thesis, author={Hidayati Hamidah}, title ={PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUKTURING KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP STRES BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII D DI SMP NEGERI 51 SURABAYA}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/818/}, abstract={Hidayati, Hamidah. 2019. Pengaruh Penggunaan Strategi Restrukturing Kognitif dalam Konseling Kelompok terhadap Stres Belajar pada Siswa Kelas VIII D di SMP Negeri 51 Surabaya. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Dra. Kusbandiami, S. Psi., M. Pd. Kata Kunci: Strategi Restrukturing Kognitif, Konseling Kelompok, Stres Belajar Siswa. Stres belajar adalah kondisi yang terjadi akibat ketidaksesuaian antara tuntutan lingkungan dengan kemampuan yang dimiliki peserta didik dalam rangka belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan ada tidaknya pengaruh strategi restrukturing kognitif dalam konseling kelompok terhadap stres belajar pada siswa kelas VIII D di SMP Negeri 51 Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian praeksperimental dengan one group pre test-post test design. Populasi yang diambil adalah para siswa kelas VIII D yang mempunyai masalah stres belajar di SMP Negeri 51 Surabaya tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 31 orang siswa. Dari populasi tersebut diambil sampel penelitian 5 orang siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling, pemilihan sampel ini dipilih berdasarkan pada hasil skor stres belajar siswa yang tinggi melalui pengisian skala pengukuran stres belajar. Metode pengumpulan data menggunakan skala pengukuran yang telah dilakukan uji validitas butir dan uji reliabilitas Cronbach's Alpha. Hasil uji validitas butir skala pengukuran stres belajar siswa berdasarkan hasil dari uji wilcoxon for windows versi 23.0 diperoleh Asymp.Sig (2-tailed) = 0,042. Maka Asymp.Sig = 0,042 < ? = 0,05 yang berarti ada pengaruh signifikan dalam penggunaan strategi restrukturing kognitif dalam konseling kelompok terhadap stres belajar siswa.} }