@thesis{thesis, author={SUMARTI DOROTEA}, title ={PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUKTURING KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 2 SURABAYA}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/819/}, abstract={Sumarti, Dorotea. 2019. Pengaruh Penggunaan Strategi Restrukturing Kognitif Dalam Konseling Kelompok Terhadap Penyesuaian diri Kelas VIII D SMP Negeri 2 Surabaya, Tahun Ajaran 2018/2019. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pgri Adibuana Surabaya. Pembimbing: Dra. Kusbandiami, M.Pd., S. Psi Kata kunci : Strategi Restructuring Kognitif, Konseling Kelompok, Penyesuaian Diri Penyesuaian diri siswa merupakan suatu proses interaksi antara individu dengan orang lain atau teman sebaya dan dengan lingkungan sekitarnya yang terus berlansung sebagai proses adaptasi, konformitas, variasi individual, dan penyesuaian diri sebagai ketuntasan dalam kehidupan indivdu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan pengaruh penggunaan strategi restructuring kognitif dalam konseling kelompok terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII D SMPN Negeri 2 Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimental One Group Pretest dan Posttest Design. Populasi yang diambil adalah para siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Surabaya yang berjumlah 37 siswa. Dari populasi ini diambil 5 siswa dengan menggunakan menggunakan Purposive Sampling. Pemilihan sampel ini dipilih berdasarkan hasil skor penyesuaian diri, dengan menggunakan metode dengan mengumpulkan data dengan menggunakan angket penyesuaian diri siswa. Teknik analisis data statistic nonparametric dengan menggunaka uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan skor penyesuaian diri dari sebelum mendapatkan layanan konseling kelompok dengan strategi restrukturing kognitif (pretest) dengan sesudah mendapatkan layanan konseling} }