@thesis{thesis, author={Putri Bregita Wulan}, title ={EFEKTIVITAS STRATEGI RESTRUKTURING KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII DI PONDOK PESANTREN AL AMANAH}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/822/}, abstract={Putri, Bregita Wulan. 2019. Efektivitas Strategi Restrukturing Kognitif Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII di Pondok Pesantren AlAmanah. Progran Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Drs. H. Sutijono, M.M. Kata Kunci: Penyesuaian diri, Restrukturing kognitif, Konseling Kelompok Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikasi pengaruh strategi restrukturing kognitif ddalam konseling kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VII di pondok pesantren Al-Amanah. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test post-test desaign, diberikan kepada 5 orang siswa kelas VII yang mendapatkan skor penyesuaian diri siswa di pondok pesantren. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode skala pengukuran untuk mengukur penyesuaian diri siswa di pondok pesantren. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis non-parametrik menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh jumlah Asymp.Sig (2-tailled) sebesar 0,041. Karena nilai 0,041 lebih besar dari 0,05, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada pengaruh strategi restrukturisasi kognitif dalam konseling kelompok yang dapat secara signifikan meningkatkan penyesuaian siswa kelas VII di Pondok Pesantren Al-Amanah.} }