@thesis{thesis, author={SUGIYANTO NATALIA CHRISTINA}, title ={PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS A TK KARUNIA TAHUN AJARAN 2020-2021}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/923/}, abstract={Christina, Natalia. 2021 Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Di Kelas A TK Karunia Surabaya Tahun Ajaran 2020- 2021. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. A. Fachrurrazi, M.Pd (2) Titah Kinasih, S.S., S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Media Flashcard, Membaca Permulaan, Anak Usia Dini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif yaitu mengenal media Flashcard pada anak usia 4-5 tahun yang masih rendah. Masih rendahnya kemampuan anak dalam mengenal kemampuan membaca permulaan ini disebabkan kurangnya pemanfaatan media dalam proses pembelajaran. Guru sebatas menggunakan LKA (Lembar Kerja Anak) sehingga kurang menarik minat dan perhatian anak terhadap materi yang diberikan oleh guru. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media Flascard terhadap kemampuan kognitif mengenal kemapuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di TK Karunia Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian menggunakan pre eksperimen dengan menggunakan one grup pretest-postest design. Subjek penelitian merupakan anak kelompok A di TK Karunia Surabaya dengan jumlah 15 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan merupakan observasi serta dokumentasi. Menggunakan metode analisis statistik dengan rumusan yang digunakan merupakan Test yang sesuai dengan judul penelitian yaitu Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Di Kelas A Tk Karunia Surabaya. Digunakan pre-test dan post-test one group design maka dengan uji t. Hasil perhitugan menggunakan rumus uji t menunjukkan bahwa t hitung (thit) 14,06 dan t tabel 1.76131 untuk taraf signifikan 0,05 taraf signifikansi 0,05, dan 2.62449 untuk taraf signifikansi 0,01. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai t-hitung > t- tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara media Flascard terhadap kemampuan mengenal bentuk kartu gambar kelompok A anak usia 4-5 tahun di TK Karunia Surabaya.} }