@thesis{thesis, author={SEPTI ANAITULLOH 175000015}, title ={PENGARUH PLAY THERAPY DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL “BENTENGAN” DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SAAT PANDEMI COVID-19 DI SMP ISLAM AL AMAL SURABAYA}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/924/}, abstract={Anaitulloh, Septi. 2021. Pengaruh Play Therapy Dengan Permainan Tradisional ?Bentengan? Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Saat Pandemi Covid-19 Di SMP Islam Al Amal Surabaya. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Pedagogik dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing I: Drs. H. Sutijono, M.M. dan Pembimbing II: Dimas Andika, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Play Therapy, Bimbingan Kelompok, Interaksi Sosial Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh play therapy dengan permainan tradisional ?Bentengan? dalam bimbingan kelompok terhadap kemampuan interaksi sosial siswa saat pandemi Covid-19 di SMP Islam Al Amal Surabaya. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan Pra-Eksperimen One Grup Pre-Test dan Post-Test Design. Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu kemampuan interaksi sosial siswa saat pandemi Covid-19 dan variabel bebas yaitu play therapy dengan permainan tradisional ?Bentengan? dalam bimbingan kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 83 SMP Islam Al Amal Surabaya yang berjumlah 25 siswa, dari populasi itu diambil sampek penelitian 8 siswa dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian yang dilakukan menggunakan teknik yang sesuai dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui signifikansi pengaruh play therapy dengan permainan tradisional ?Bentengan? dalam bimbingan kelompok terhadap kemampuan interaksi sosial siswa saat pandemi Covid-19 di SMP Islam Al Amal Surabaya. Oleh karena itu peneliti menggunakan play therapy dengan menggunakan permaianan tradisional ?Bentengan? dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata skor interaksi sosial siswa kelas 83 SMP Islam Al Amal Surabaya dari nilai mean pre-test 66,63 menjadi nilai mean post-test 92,00. Sehingga, membuktikan bahwa penggunaan play therapy dengan permainan tradisional ?Bentengan? dalam bimbingan kelompok ada pengaruh untuk meningkatkan interaksi sosial siswa.} }