@thesis{thesis, author={Lofes Ardiansyah 175000051}, title ={Pengembangan Media Monobiling (Monopoli Bimbingan Dan Konseling) Dalam Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Pada Siswa Di SMA Negeri 15 Surabaya}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/926/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media permainan Monobiling untuk meningkatkan efikasi diri akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 15 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan one grup pre test-post test design, diberikan kepada 4 orang siswa kelas XI yang mendapat skor efikasi diri akademik rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah skala pengukuran efikasi diri akademik. Teknik analisis data yang digunakan peneliti ini adalah analisis parametrik dengan menggunakan uji t. Hasil interpretasi menggunakan uji t diketahui bahwa Sig (2-tailed) bernilai 0,010. Karena nilai 0,010 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Adanya pengaruh signifikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan permainan Monobiling terhadap efikasi diri akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 15 Surabaya. Kata Kunci: Permainan Monobiling, Bimbingan Kelompok, Efikasi Diri Akademik.} }