@thesis{thesis, author={Prasetyo Bondan Wahyu}, title ={PENGARUH PERMAINAN TARGET TERHADAP KEMAMPUAN SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA KELAS XI DI SMAN 3 SURABAYA}, year={2019}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/94/}, abstract={Wahyu Prasetyo, Bondan. Pengaruh Permainan Target Terhadap Kemampuan Shooting Dalam Permainan Sepakbola Kelas XI Di SMAN 3 Surabaya. Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Dr. Muhammad Muhyi Faruq., M.Pd. Kata kunci : permainan target, kemampuan, shooting, permainan sepakbola Kemampuan shooting penting dimiliki pemain karena tidak mungkin bagi pemain untuk mencetak gol tanpa memiliki kemampuan tersebut. Kemampuan shooting dapat didukung dengan awalan pada saat melakukan shooting dengan akurasi yang tepat. Kemampuan shooting tersebut dapat diasah melalui latihan dengan metode yang tepat sehingga pemain dapat menguasai teknik secara tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan target terhadap kemampuan shooting dalam permainan sepakbola pada siswa kelas XI di SMAN 3 Surabaya. Jenis Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan eksperimen dengan jenis eksperimen semu (quasi experimental design). Teknik pengambilan data dilaksanakan dengan tes dan pengukuran. Dengan melalui tes dan pengukuran kita akan memperoleh data yang objektif. Analisis data atau pengolahan data penelitian kuantitatif menggunakan statistik meliputi statistik parametris dan nonparametris. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh maka dapat ditarik kesimpulan ada pengaruh positif dan signifikan pengaruh signifikan permainan target terhadap kemampuan shooting dalam permainan sepakbola pada siswa kelas khusus olahraga di SMAN 3 Surabaya. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa signifikansi 0,00 atau p<0,05 dan koefisien pengaruh sebesar 0,03. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami peningkatan dalam tes ketepatan tendangan shooting, hal ini dapat dilihat bahwa sebagian besar siswa memiliki skor selisih yang besar.} }