@thesis{thesis, author={Rohani Gultom 175000027}, title ={PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING SISWA KELAS X IPS 2 DI SMA HANG TUAH 4 SURABAYA TAHUN AJARAN 2020/2021}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/942/}, abstract={Gultom, Rohani. 2020. Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas X IPS 2 Di SMA Hang Tuah 4 Surabaya Tahun Ajaran 2020/2021. Skipsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Dr. Tamsil Muis, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Peran guru bimbingan dan konseling, perilaku bullying. Setiap remaja memiliki kemampuan untuk dapat mencapai kematangan kepribadian agar dapat menghadapi tantangantantangan yang dialami oleh remaja tersebut secara kuat, baik ketika berada dilingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Di lingkungan sekolah masih seringkali ditemukan berbagai macam perilaku siswa, seperti perilaku yang baik atau perilaku yang kurang baik. contoh perilaku yang kurang baik yaitu, Perilaku bullying sering terjadi pada usia anak-anak, dan perilaku tersebut sering ditemui di lingkungan sekolah. perilaku bullying dapat menyinggung atau menyakiti perasaan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah perilaku bullying siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 139 subjek. Sedangkan sampel penelitian terdiri dari 29 siswa. Metode penelitian menggunakan angket dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Uji F. Hasil penelitian yang diperoleh adalah peran guru bimbingan dan konseling terbukti telah mampu mencegah perilaku bullying siswa kelas X IPS 2 di SMA Hang Tuah 4 Surabaya, dengan perolehan uji F 0,002 < 0,05. Adapun peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah perilaku bullying di SMA Hang Tuah 4 Surabaya yaitu guru bimbingan dan konseling memberikan memberikan program bimbingan dan konseling yang dilaksanakan disekolah adalah dengan memberikan, bimbingan klasikal, konseling individual, konseling kelompok dan layananan informasi.} }