@thesis{thesis, author={Iga Vinaya Aginza 175000016}, title ={EFEFKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA CYNEMA THERAPHY UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/946/}, abstract={Aginza, Vinaya, Iga. 2021. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Media Cynema Theraphy Untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Skripsi. Program Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI AdiBuana Surabaya. Pembimbing Maghfirotul Lathifah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : self efficacy, bimbingan kelompok Self efficacy adalah keyakinan siswa mengenai komponen dalam mengatasi berakenekaragam masalah yang muncul pada diri siswa, seperti emosi, optimis, keluhan, depresi, stress. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Penggunaan Media Cynema Theraphy dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Efficacy pada Siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode rancangan penelitian pra-eksperimental dengan menggunakan one group pre-test-post-test design. Dalam penelitian ini memiliki dua variabel yaitu terdiri dari variabel terikat atau variabel X (bimbingan kelompok dengan media cynema theraphy) dan juga variabel bebas atau variabel Y (self efficacy). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMK. Sampel dalam penelitian ini yaitu 5 siswa yang memiliki skor self efficacy terendah. Untuk penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon yang dibantu oleh SPSS for windows versi 24.0 dan medapatkan hasil uji t-test sebesar sig. (0,042) < 0,05 yang berarti terdapat peningkatan setelah dilakukan treatment. Dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa Ha diterima. Artinya ada perbedaan antara self efficacy siswa untuk pre-test dan post-test, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada efektivitas penggunaan media cynema theraphy dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan self efficacy siswa SMK} }